Warta Kampus

Puluhan Camaba STEBI Sidogiri Ikuti Seleksi Adminstrasi dan Kompetensi Calon Penerima Beasiswa KIP Kuliah

STEBI Sidogiri Newsroom — Setelah membentuk panitia seleksi mahasiswa calon penerima beasiswa KIP Kuliah, STEBI Syaikhona Kholil Sidogiri menggelar proses seleksi administrasi dan kompetensi bagi 70-an calon mahasiswa baru (camaba) penerima beasiswa tersebut yang digelar di Kampus II STEBI Sidogiri, Selasa (09/06), sejak pukul 08.30 sampai 14.00 WIB.

Rangkaian seleksi tersebut dimulai dengan penyetoran berkas, verifikasi identitas calon penerima beasiswa, dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti KIP, KKS dan SKTM, serta proses deep interview mengenai latar belakang lulusan sekolah sebelumnya, motivasi kuliah, dan keaktifan dalam kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang dibuktikan dengan sertifikat.

Untuk menunjang efektivitas dan efisiensi proses seleksi, pihak panitia membagi peserta calon penerima beasiswa KIP Kuliah ini menjadi beberapa kluster yang dipandu langsung oleh tim yang telah dibentuk, yaitu Drs. H. Affandi, M.Pd.I, Drs. H. Munir, M.Pd., Dian Hafida F. Almaniq, SE., ME., R. Didik Subihandoko, S.Kom M.AP., dan
staff Bagian Administrasi Akademik dan keuangan (BAAK).

Tujuan diadakannya proses seleksi tersebut, menurut panitia, adalah untuk mengetahui sejauh mana keseriusan calon penerima beasiswa untuk menempuh proses perkuliahan di STEBI Sidogiri. “Nah, dari situ yang betul-betul niat nanti akan diketahui. Sehingga nanti akan dirangking mulai urutan satu sampai tiga puluh,” tandas Efendi Yusuf, salah satu panitia seleksi.

Hasil seleksi dari 70-an peserta tersebut, lanjut Efendi, akan diurut berdasarkan instrumen tertentu, seperti tingkat pencapaian prestasi calon penerima, kelengkapan berkas, serta kesungguhan dan motivasinya untuk melanjutkan kuliah.

“Ada juga nanti yang akan tereleminasi, karena kan konsekuensi dari peserta KIP ini adalah kelengkapan berkas juga. Ketika dia tidak bisa melengkapi berkas dari batas waktu yang ditentukan, yakni tanggal 12 Juni ini, maka secara otomatis dia akan terdiskualifikasi,” jelas Efendi yang juga menjadi staff administrasi di STEBI Sidogiri ini.

Selain itu, Efendi juga menjelaskan bahwa calon penerima beasiswa KIP tersebut sudah dibuatkan WA group untuk mempermudah komunikasi dan koordinasi. “Nanti akan di-share formulir online agar mereka mengisi di situ dengan detail, terutama menyangkut kelengkapan berkas-berkas,” lanjutnya.

Ketua STEBI Sidogiri, Drs. H. Affandi, M.Pd.I, menandaskan bahwa pihaknya sangat berharap kesempatan emas berupa beasiswa KIP Kuliah tersebut benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh para calon mahasiswa. Menurutnya, antusiasme peserta yang berjumlah 70-an itu menunjukkan bahwa mereka adalah putra-putri terbaik bangsa yang memiliki cita-cita luhur untuk melanjutkan kuliah, tetapi terkendala oleh biaya.

“Harapan kami, 70-an mahasiswa yang kurang mampu ini lolos diterima oleh Diktis Kemenag RI sebagai mahasiswa penerima beasiswa penuh sampai mereka lulus menyandang gelar SE.,” harapnya. (adm/humas)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Anda punya KIP Kuliah? Gratis kuliah di STEBI!

Copyright @ STEBI Sidogiri 2020 | Customized by Lingua Karsa
Close
Close